PayPal Diblokir kominfo Karena Tak Daftar PSE

Berita Online Hari Ini – Sejumlah situs yang belum mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Indonesia tidak bisa diakses hari ini.

Dari pantauan Indozone, platform bermain game streaming Steam, Dota 2, Counter-Strike Global Offensive dan platform distribusi digital Origin tidak bisa dibuka per pagi ini.

Bahkan, situs transfer uang lintas negara PayPal juga termasuk yang tidak bisa dibuka Sabtu (30/7) pagi ini.

Terkait itum Netizen yang merupakan pengguna jasa layanan PayPal menumpahkan kekecewaan terhadap Kominfo karena pemblokiran itu di sosial media.

Di antaranya, netizen menilai Kominfo telah menghilangkan pekerjaan masyarakat karena pemblokiran itu.

“Paypal juga diblok ya. Selamat kemkominfo, anda udh berhasil mematikan banyak mata pencaharian rakyatnya. Sekarang ayo dong github sama npm diblock,” komentar akun AkunGratisan.

“Wow bahkan paypal pun keblokir, Hebat kemkominfo kalian telah membunuh para freelance, content creator, para pekerja remote dan industri creative secara sadar,” ujar akun NflgiMntro di Twitter.

“Yang parah nya lagi, paypal diblokir, tamat sudah riwayat freelancer di industri kreatif. anak muda nya emamg disuruh main slot,” kata akun AdamSyahputraAS.

Terkini, Sabtu (30/7) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan hingga kini Paypal belum mendaftarkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSES) Lingkup Privat. Bahkan Paypal juga belum mengurus izin di Bank Indonesia.

Baca Juga : Berita Online Hari ini

Terkait hal itu, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan bahwa Paypal harus mengurus perizinan yang diatur oleh pemerintah Indonesia, agar pemblokiran dicabut.